Tips Semoga Bayi Tidur Nyenyak



Bayi tidur nyenyak yaitu dambaan setiap orangtua. Tapi impian orangtua itu akan praktis terwujud. Sebab, bayi berguru dari lingkungannya. Untuk itu, orangtua perlu membentuk rujukan tidur si kecil semoga bayi tidur nyenyak  secara bertahap, sehingga ketika usianya menginjak 2 bulan atau lebih, ia sudah mempunyai rujukan tidur lebih teratur. Mengapa penting? Bila rujukan tidur bayi sudah teratur, ia tidak akan praktis terbangun serta sanggup tidur lebih usang dan lebih nyenyak. Dengan kata lain, tidurnya lebih berkualitas.

Berikut 11 cara  agar bayi tidur nyenyak :

1.  Agar bayi tidur nyenyak, atur jadwal menyusu  

Siasati dengan jadwal menyusui yang tepat. Pilihlah waktu menyusui sebelum bayi tertidur dan ketika berdiri tidur, sehingga ketika tertidur bayi sanggup terlelap dengan pulas tanpa sering terbangun alasannya yaitu lapar. bayi pun tidur lebih lelap dan nyenyak.

Selain itu, orangtua sebaiknya tidak praktis membangunkan bayi yang sedang tertidur pulas sekadar untuk menyusui. Ingat, bayi akan terbangun dari tidurnya ketika ia lapar, hendak buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Untuk itu, biarkan bayi ketika bayi sedang tertidur pulas. Sikap disiplin orangtua akan membantu bayi menemukan rujukan tidurnya. itu cara sederhana  agar bayi tidur nyenyak.

2. Kenali Tanda Mengantuk

Mengantuk merupakan membuktikan tubuh bayi mulai lelah. Biasanya ditandai dengan menggosok-gosokkan mata, mengisap-isap jari, menguap atau malah menangis (rewel). Bila gejala ini muncul, segera tidurkan bayi. Kondisi ini menguntungkan bagi bayi jadi lebih awal tidurnya dan tidak rewel.

3. Atur Penerangan  agar bayi tidur nyenyak

Pada malam hari, redupkan lampu kamar semoga bayi berguru membedakan antara waktu siang dan malam. Kondisi itu akan membantu bayi untuk membentuk rujukan tidurnya. Dengan pencahayaan yang redup, maka bayi akan praktis terlelap. Selain itu, produksi hormon melatonin juga akan meningkat. Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh, hormon ini juga membantu bayi untuk tidur.

4. Agar bayi tidur lelap, atur suhu ruangan

Sebelum tidur, pastikan suhu udara pas, sehingga bayi nyaman untuk tidur. Setel suhu dengan sempurna di kamar, tidak kelewat panas tapi juga tidak terlalu dingin. Bila Mama memakai pendingin ruangan, setel suhu kurang lebih 26°C.

5. Ciptakan Ritual tidur

Ciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk bayi, ibarat membacakan buku dongeng atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan lembut pada tubuh bayi yang dilakukan sebelum tidur, bisa menciptakan bayi merasa nyaman dan membantu tidurnya lebih lelap. Untuk melancarkan gerakan tangan ketika memijat tubuh bayi, gunakan minyak khusus pijat bayi yang umumnya berfungsi sekaligus sebagai penghangat. Gosok dengan lembut wilayah kepala sampai ke leher.

6. Mandi dulu dengan air hangat semoga bayi tidur nyenyak

Bersihkan tubuh bayi sebelum tidur. Seka dengan air hangat semoga tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, biasanya bayi akan praktis tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat akan memperlancar sirkulasi dan pedoman darah. Pun ketika bersamaan, terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sehingga peredaran darah sanggup bekerja secara baik. Bayi pun menjadi hening dan nyaman.

7. Kenakan pakaian nyaman semoga bayi tidur lelap

Kenakan pakaian yang nyaman, ibarat yang berbahan kaus atau katun yang praktis menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis alasannya yaitu tidak menyerap keringat.

8. Putarkan Musik

Putarkan musik pengantar tidur yang lembut ibarat lullaby atau musik klasik. Lagu-lagu rohani yang lembut juga pas sebagai pengantar tidur. Kalau tidak mau repot, orangtua sanggup bersenandung ibarat menyanyikan lagu Nina Bobo sambil digendong. Tapi ingat biasakan semoga bayi tak tidur dalam gendongan. Ketika sudah hampir tertidur, letakkan di daerah tidur. Jika menangis, angkat lagi. Lalu tidurkan kembali. Kesabaran orangtua disini sangat diharapkan untuk melatih semoga bayi nantinya sanggup tidur sendiri atau kembali tidur sehabis terbangun.

9. Pasang kelambu semoga bayi tidur nyenyak

Bayi mana yang sanggup tidur nyenyak jikalau banyak nyamuk beterbangan dan menggigiti kulit lembutnya. Untuk itu, upayakan ruangan yang dipakai untuk tidur terbebas dari nyamuk. Atau, manfaatkan kelambu khusus untuk bayi sebagai pelindung.

10. Membedong, perlukah?

Ini yaitu pilihan. Seandainya Mama mau membedong, cukup bedong dengan tujuan untuk menyelimutinya semoga badannya tetap hangat. Kaprikornus tidak usah kencang sehingga menghambat geraknya. Bayi juga perlu bergerak lo dalam tidurnya.

Sejatinya, membedong sarat dengan manfaat. Salah satunya mengurangi efek refleks terkejut ketika tidur. Saat terkejut, biasanya bayi akan terbangun. Dengan adanya bedong, ia akan praktis terlelap kembali alasannya yaitu merasa Mama memeluknya. Selain itu, membedong juga menciptakan posisi bayi senantiasa terlentang, sehingga meminimalkan efek maut mendadak ketika tidur akhir tidur tengkurap.

11. Sapa ketika ia terbangun

Jangan lupa ketika beliau terbangun sapa, ajak senyum, dan minta ia untuk tidur lagi dengan menepuk dan membelai. Jangan ajak bayi bermain dan menciptakan bunyi gaduh. Dengan demikian, lambat laun ia akan berguru membedakan kapan waktunya tidur, dan kapan ia bisa bermain.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?