Jangan Beri Air Putih Pada Bayi Gres Lahir, Kesudahannya Tidak Main-Main



Bayi gres lahir yang menangis terus sanggup jadi bikin orang tuanya bingung. Apalagi jika air susu ibu (ASI) belum keluar. Dalam kondisi ini, jangan memberinya air putih ya, alasannya ialah ada risiko yang mengintai.

"Tidak boleh. Air putih dilarang diberikan pada bayi berusia di bawah 6 bulan," ujar dokter seorang hebat anak dari RS Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita SpA, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Dikatakan dr Meta, memperlihatkan air putih pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan sanggup menjadikan bayi kurang kalori, sehingga bayi berisiko malnutrisi. Risiko lainnya, juga sanggup mengakibatkan water intoxication, suatu kondisi di mana elektrolit pada bayi menjadi encer, sehingga menghambat fungsi normal tubuh.

"Ini juga sanggup mengakibatkan dilema kesehatan berbahaya menyerupai hipotermi ataupun kejang," imbuh dr Meta.

Ciri anak yang mengalami water intoxication ialah rewel, seluruh badan membengkak, ingin tidur terus dan suhu badan di bawah normal sampai kejang. Air putih sanggup jadi ancaman bagi bayi alasannya ialah sistem fungsi ginjalnya belum sempurna.

Apakah water intoxication sanggup menjadikan kematian? "Tergantug pada tanda-tanda berbahaya yang timbul. Hipotermi misalnya, sanggup mengakibatkan janjkematian pada bayi," terperinci dr Meta.

Jika mendapati bayi dengan tanda-tanda water intoxication, segeralah menghentikan pertolongan air putih pada bayi. Kemudian hangatkan bayi dan segera dibawa ke rumah sakit.

Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa Bangsa, World Health Organization (WHO) juga memperingatkan untuk tidak memperlihatkan air putih pada bayi gres lahir. Air sanggup jadi tidak higienis sehingga sanggup mengakibatkan bayi terkena infeksi.

Dengan memperlihatkan air sebagai minuman kepada bayi yang masih terlalu kecil, sanggup membuatnya minum lebih sedikit ASI. Bahkan yang lebih parah sanggup menciptakan bayi enggan menyusu pada ibunya lebih dini. Inilah yang mengakibatkan bayi-bayi tersebut mengalami malnutrisi.

Beberapa waktu kemudian di Duluth, AS, pernah dilaporkan kasus bayi meninggal alasannya ialah ASI-nya dicampur air. Hasil investigasi medis menyebutkan si bayi meminum air dua kali lebih banyak ketimbang ASI. Akibatnya tingkat sodium dan elektrolit dalam badan bayi turun drastis, sementara itu otaknya membengkak.

Artikel dikutip dari http://health.detik.com/read/2016/12/31/180610/3385147/1300/jangan-beri-air-putih-pada-bayi-baru-lahir-risikonya-tidak-main-main

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?