Minum Susu Formula Bergantian Dengan Asi Dapat Merusak Usus Bayi? Ini Faktanya

 

Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi paling penting yang diperlukan oleh bayi, terutama dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Namun demikian, tak sedikit juga bayi yang terpaksa harus minum susu formula (sufor) di usia tersebut.

Beberapa isu menyebutkan sumbangan susu dengan contoh bergantian antara sufor dan ASI menyerupai ini sanggup mengganggu sistem pencernaan bayi.

Menurut dr Yoga Devaera, SpA, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dalam kondisi terpaksa, artinya memang tidak ada pilihan lain selain memperlihatkan sufor bergantian dengan ASI, maka tidak juga akan merusak sistem pencernaan atau lebih khususnya usus.

"Tetap pilihan pertama ASI 6 bulan eksklusif, kemudian seterusnya hingga setidaknya setahun. Harus sanggup diusahakan ASI dulu, bila tidak sanggup kemudian pakai sufor tidak apa-apa. Merusak usus sih tidak, tapi kesudahannya sanggup kepada risiko alergi," papar dr Yoga, ditemui dalam konferensi pers yang diadakan di Hongkong Cafe, Jl Sunda-Thamrin, Jakarta, menyerupai ditulis Rabu (18/3/2015).

Risiko reaksi alergi ini muncul akhir perbedaan sumber protein pada susu. Pada susu formula, kebanyakan proteinnya berasal dari susu sapi.

"Jadi bila kondisinya terpaksa ya tidak apa-apa, tapi tetap diusahakan dulu pakai ASI. Sekarang untuk ibu bekerja yang sibuk kan di kantor sanggup memerah ASI, pokoknya ASI harus tetap diprioritaskan," imbuh dokter dengan subspesialis nutrisi dan penyakit metabolik ini.

Artikel dikutip dari http://health.detik.com/read/2015/03/18/073800/2861846/763/minum-susu-formula-bergantian-dengan-asi-bisa-merusak-usus-bayi-ini-faktanya

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?