Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi



Suatu ketika ibu A begitu terkejut melihat adanya ruam-ruam berupa kulit kemerahan di kawasan yang tertutup popok, pantes saja si kecil tampak begitu rewel sesudah seharian mengenakan popok. Itulah yang disebut dengan ruam popok, apa bergotong-royong penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasi ruam popok?

Ruam popok atau Diaper Rash merupakan istilah medis yang dipakai untuk menggambarkan tanda-tanda yang muncul akhir reaksi peradangan yang terjadi pada kulit di kawasan popok. Istilah ini tidak spesifik mengatakan tanda-tanda peradangan yang timbul eksklusif akhir penggunaan popok, tetapi termasuk juga tanda-tanda peradangan yang dipicu oleh penggunaan popok dan tanda-tanda peradangan yang terjadi tanpa penggunaan popok.

Ruam popok paling sering terjadi pada bayi semenjak lahir hingga usia 2 tahun pertama kehidupan. Ruam popok sanggup terjadi pada bayi segera sesudah bayi menggunakan popok dengan Insidensi tertinggi terdapat pada umur 7 hingga 12 bulan, dan ruam popok umumnya berhenti sesudah anak menerima latihan berkemih biasanya pada kisaran umur 2 tahun.

Ruam yang muncul mempunyai warna kemerahan dan pada umumnya ruam ini tidak berbahaya, namun sanggup menimbulkan bayi menjadi rewel alasannya ialah perasaan tidak nyaman yang diakibatkan oleh ruam ini.

Kondisi-kondisi yang Menjadi Penyebab Ruam Popok 

Beberapa hal yang sanggup menimbulkan terjadinya ruam popok antara lain :

Kelembaban : kulit yang berair dan lembab yang terjadi pada penggunaan popok dalam waktu usang akan menimbulkan terjadinya kerusakan pada prosedur pertahanan kulit

Gesekan : penggunaan popok atau pakaian yang ketat akan menjadikan ukiran pada kulit yang perlahan – lahan akan menimbulkan kulit menjadi lecet dan mengalami iritasi.

Feses dan urin : iritasi kulit sanggup terjadi akhir paparan terhadap urin dan feses yang terlalu lama. enzim protease dan lipase dalam feses sanggup mengubah urea menjadi amonia yang sanggup mengiritasi iritasi kulit.

Kulit sensitif : Bayi yang mempunyai kulit yang sensitif cenderung lebih gampang untuk mengalami iritasi pada kulit yang tertutup popok

Bahan kimia : produk – produk yang mengandung materi – materi kimia menyerupai pewangi pakaian, deterjen, sabun, dan bedak yang gres dipakai pada bayi sanggup menjadikan iritasi pada kulit bayi

Diare : tinja yang cair pada keadaan diare mengandung lebih banyak enzim pencernaan residual yang sanggup mengiritasi kulit

Makanan gres : dukungan masakan padat semenjak usia 7 bulan akan mempengaruhi frekuensi buang air besar dan struktur tinja bayi yang sanggup memicu timbulnya ruam popok

Mikroorganisme : suasana yang hangat dan lembab pada kawasan yang tertutup popok menyerupai pada paha, pantat dan kelamin akan menciptakan basil sanggup tumbuh dengan subur.

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Popok? 

Ada beberapa cara mengatasi ruam popok apabila hal itu udah terjadi serta kita juga sanggup melaksanakan pencegahan semoga anak tidak terkena sama sekali atau mencegah semoga tak terkena lagi.

Berikut langkah-langkah yang sanggup ayah bunda lakukan di rumah untuk mecegah terjadinya ruam popok:

- Menggunakan popok yang sesuai dengan ukuran bayi.
- Mengganti popok bayi yang kotor segera dan sesering mungkin.
- Membersihkan kulit bayi yang tertutup popok dengan air pada ketika mengganti popok.
- Mengeringkan kulit bayi perlahan hingga kering sebelum memakaikan popok gres berikutnya.
- Memberikan jeda waktu kulit bayi tanpa popok.

Apabila bayi telah mengalami ruam popok, orang renta sanggup melaksanakan beberapa cara mengobati ruam popok sebagai berikut :

- Menggunakan popok berukuran lebih besar atau lebih longgar untuk mempercepat penyembuhan ruam popok

- Menghindari penggunaan tisu berair yang mengandung alkohol dan materi kimia untuk membersihkan kulit bayi pada ketika mengganti popok

- Mengoleskan krim atau salep untuk ruam popok setiap mengganti popok bayi.
Salep ruam popok yang dipakai terbuat dari zinc oxide dan petrolatum sebagai materi dasarnya, jikalau Anda tidak yakin dalam memilihnya mintalah dokter untuk meresepkan salep ruam popok yang ampuh dan kondusif untuk bayi Anda.

- Menghindari menggunakan pewangi pakaian pada popok bayi yang terbuat dari kain.

Ruam popok pada umumnya sanggup sembuh sendiri dan tidak memerlukan penanganan medis oleh dokter. Namun apabila ruam popok tidak berkurang atau malah semakin bertambah parah sebaiknya segera bawa bayi berobat ke dokter.

Artikel dikutip dari: http://mediskus.com/penyakit/cara-mengatasi-ruam-popok-aman-dan-manjur



Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?