10 Tips Untuk Menciptakan Bayi Tidak Bosan



Siapa tak suka melihat bayi tertawa riang? Perilakunya yang menggemaskan bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi stres.

Dr. Caspar Addyman, seorang psikiater dari Goldsmiths InfantLab, menyampaikan "Memahami bayi dikala tertawa ternyata bisa membantu memahami orang dewasa. Seorang bayi bagaikan ilmuwan kecil, mereka bisa menemukan dunia melalui kita. Uniknya, 90% bayi ternyata sudah bisa tertawa pada dua bulan awal kehidupannya. Bahkan, beberapa orangtua pernah melaporkan bayinya sudah bisa tertawa hanya selang beberapa ahad sesudah dilahirkan."

Namun, berbeda dengan orang sampaumur kebanyakan, seorang bayi tidak mempunyai kesulitan untuk tertawa, bahkan ia mempunyai kemampuan mahir membuat orang sampaumur melaksanakan hal-hal konyol untuk membuat dirinya bahagia.

Tertawa sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan bayi Anda. Berikut 10 wangsit kreatif untuk membuat bayi Anda tertawa riang. Tidak terlalu sulit, tapi bisa membuat hari-hari Anda dan si kecil menyenangkan.

1. Kenalkan dengan bunyi-bunyian

Respons bayi terhadap bunyi-bunyian umumnya sangat beragam, rasa ingin tau akan sumber dari bunyi-bunyian tersebut membuatnya ingin mencari tahu dari mana datangnya. Gunakan alat musik ibarat gitar, peluit atau benda apa pun yang sanggup mengeluarkan bunyi untuk membuatnya tertawa sekaligus melatih indera pendengarannya.

2. Permainan cilukba

Entah kapan, dari mana dan siapa yang menciptakan, cilukba merupakan permainan klasik yang sangat disukai oleh bayi di seluruh dunia. Permainan cilukba sekilas ibarat petak umpet, tetapi hanya wajah saja yang disembunyikan. Gunakan selimut, bantal bayi atau kedua telapak tangan untuk menutupi wajah dan ajak bayi Anda bermain bersama.
 
3. Pura-pura bersin

Ini merupakan pengalaman langsung saya, berawal dari ketidaksengajaan ternyata bersin bisa membuat bayi tertawa terbahak-bahak. Jika Anda ingin mencoba melakukannya, tips dari saya coba jangan terlalu bersahabat badan bayi atau ketika kondisi Anda sedang sakit.
 
4. Menggosok perut bayi dengan kepala

Ketika akan mandi coba goda bayi Anda biar tertawa dengan menggosok perutnya dengan kepala. Rasa geli akhir bersentuhan dengan rambut dan wajah bisa membuat bayi Anda tertawa terpingkal-pingkal.

5. Gelitik pinggang dan telapak kakinya

Dalam bahasa Inggris istilahnya tickle-tickle bertujuan untuk membuat sensasi geli pada badan bayi. Adapun cuilan paling sensitif dari badan bayi yaitu pinggang dan telapak kakinya. Lakukan permaianan ini dalam tempo singkat, jangan terlalu usang sampai keterusan sebab sanggup membuat bayi tersedak sampai muntah.
 
6. Merobohkan benda

Gunakan balok-balok kubus untuk membangun sebuah menara, kemudian minta si kecil untuk merobohkannya. Untuk mendramatisasi keadaan jangan lupa tirukan bunyi benda hancur biar si kecil makin bersemangat melakukannya lagi dan lagi.

7. Angkat tubuhnya ke udara

Merasakan sensasi terbang membuat bayi Anda sangat bahagia, ia akan tertawa terpingkal-pingkal dan merasa sangat disayangi. Namun demi keamanan, sebaiknya jangan melaksanakan permainan ini sambil berdiri, disarankan sebaiknya lakukan sambil rebahan di kasur atau duduk dilantai dengan ganjal yang empuk.

8. Pelihara binatang kesayangan

Anjing dan kucing yaitu dua ekor binatang paling umum dipelihara sebagai sobat manusia, tingkah laris mereka yang lucu kerap mengundang gelak tawa tidak hanya pada orang sampaumur tapi juga anak-anak. Jika Anda ingin memelihara binatang kesayangan pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya, apalagi jikalau binatang peliharaan tersebut sering berada bersahabat dengan si kecil.
 
9. Bisikan sesuatu di pendengaran bayi Anda

Telinga merupakan salah satu cuilan badan yang paling sensitif, sentuhan lembut bahkan bisikan kata-kata bisa membuat bayi Anda tertawa riang. Hebatnya lagi, permainan bisik kata bisa meningkatkan perbendaharaan kata bayi, sehingga mempercepat kemampuannya berbicara.
 
10. Berbicara dengan bayi di depan cermin

Gendong bayi Anda dan berdirilah bersamanya di depan cermin, dampak pantulan bayangan yang direfleksikan oleh cermin membuat bayi ingin tau siapa yang ada di hadapannya. Kemudian, ajak bayi Anda berbicara, sapa ia dengan ramah seperti ada orang lain dihadapannya sedang mengajaknya berbicara.

Setiap kali mendengar bayi tertawa terbahak-bahak bisa membuat suasana menjadi ceria. Selain kesepuluh cara di atas tentunya masih ada banyak cara lain yang bisa orangtua lakukan. Gunakan kreativitas Anda, jangan aib untuk bertingkah laris konyol untuk menarik hati bayi Anda biar mau tertawa.

Ahir kata, menangis dan tertawa yaitu cara bayi berkomunikasi pada kita. Ketika bayi menangis, ia berusaha menyampaikan sesuatu bahwa ia sedang merasa tidak nyaman. Sebaliknya, dengan tertawa ia ingin memberikan bahwa dirinya aman, nyaman, dan sangat bahagia.

Artikel dikutip dari https://keluarga.com/5440/10-ide-kreatif-membuat-bayi-anda-jauh-dari-rasa-bosan

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?