Kiat Menjaga Hubungan Yang Bersahabat Antara Ayah Dengan Anak



Sibuk mencari nafkah untuk keluarga terkadang menjadi alasan seorang laki-laki menjadi kurang mempunyai waktu bersama anak. Mungkin istri Anda sanggup memaklumi hal itu, namun tidak demikan dengan anak. Bagaimanapun juga mereka membutuhkan perhatian yang utuh dari kedua orangtuanya.

Banyak laki-laki di luar sana yang terlalu fokus mengejar karir dan harta, membuat mereka jauh dari anak. Jangan menjadi laki-laki yang menyerupai itu. Meskipun sibuk, Anda harus mengutamakan hubungan Anda dan anak. Jangan hingga anak merasa abnormal terhadap Anda dan begitupula sebaliknya.

8 hal berikut ini perlu Anda lakukan biar meski di tengah kesibukan Anda sanggup selalu menjaga kualitas hubungan dengan anak:

1. Selalu berkomunikasi meski tidak sedang bersama anak

Lakukan komunikasi yang rutin dengan anak setiap saat. Di sela kesibukan Anda, tetap sempatkan waktu untuk menelepon anak, menanyakan kabar dan kegiatannya, sudah makan atau belum, dan lain sebagainya. Sehingga Anda selalu tahu kabarnya dan ia sanggup mencicipi perhatian Anda.

2. Menyempatkan waktu untuk makan bersama anak

Usahakan untuk membiasakan sarapan pagi atau makan malam bersama anak. Kesempatan itu sanggup Anda manfaatkan untuk saling bertukar cerita, atau bertukar pikiran untuk hal-hal mendatang. Melakukan hal ini sanggup membuat 'bonding' erat antara Anda dan anak.

3. Mendengarkan keluh kesah anak

Disaat anak ingin bercerita kepada Anda, jangan pernah menolaknya. Misalnya ketika Anda sibuk menelepon dan anak tiba untuk bercerita, jangan bilang Anda tidak sanggup diganggu. Alih-alih katakan padanya untuk menunggu dan sesudah Anda mempunyai waktu, tepati komitmen Anda untuk mendengarkan ceritanya. Dengan selalu berusaha menjadi pendengar setia bagi anak di tengah kesibukan Anda, percayalah bahwa anak akan tahu bahwa Anda sangat peduli dan perhatian padanya.

4. Sempatkan untuk menemani anak bermain

Jika Anda sanggup pulang ke rumah lebih awal, sempatkan diri Anda untuk menemani anak bermain. Ini sanggup membuat Anda dan anak semakin kompak. Lelah Anda pun sanggup terbayar ketika melihat anak bahagia.

5. Dampingi anak ketika mengerjakan 'PR'
Tidak hanya menemaninya bermain, jikalau anak perlu ditemani berguru maka duduklah di sampingnya. Dampingi dan bimbing ia dalam menuntaskan tugas-tugasnya.

6. Bacakan dongeng sebelum tidur

Jika Anda pulang lembur dan melewatkan makan malam bersama anak, Anda sanggup mengganti waktu yang terlewatkan dengan menemani anak tidur sambil membacakan buku cerita. Kesempatan ini setidaknya sanggup membuat Anda dan anak sanggup berbincang meski hanya sebentar.

7. Bekerja bakti bersama anak di selesai pekan

Ajak anak untuk bekerja bakti bersama di selesai pekan. Misalnya mencuci motor atau kendaraan beroda empat bersama atau membersihkan rumah dan pekarangan bersama-sama. Dengan rutin melaksanakan kegiataan ini, maka kedekatan Anda dan anak sanggup tetap terpelihara.

8. Pergi berekreasi atau berlibur bersama anak
Usahakan untuk pergi berekreasi atau berlibur ke tempat-tempat jauh dan menyenangkan bersama anak ketika ada waktu liburan. Berlibur sanggup membangun kualitas hubungan Anda sekeluarga dengan lebih baik. Jika merasa kesibukan kantor telah menjauhkan Anda dengan mereka, refresh kembali hubungan dengan merencanakan liburan bersama.

Artikel dikutip dari https://keluarga.com/5398/8-hal-ini-dapat-dilakukan-ayah-agar-tetap-dekat-dengan-anak-meski-sibuk-bekerja

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?