Bayi Bahagia Main Ludah?



Brrr…. brrr…. wah, si Kecil sedang suka main ludah, ya, Bunda? Momen ini niscaya tidak akan terlewatkan oleh Bunda, terutama dikala si Kecil menginjak usia 3-4 bulan. Karena belum ada koordinasi otot ekspresi bayi dan belum mempunyai gigi, air ludah pun gampang keluar dari mulutnya.

Saat bayi bersuara, yang belum dapat mengucapkan satu kata secara utuh, air ludah pun tak sengaja keluar dari mulutnya, dan inilah yang menyebabkan kegiatan memainkan air ludah jadi menarik dan menjadi kegiatan yang mengasyikkan buat si Kecil.

Hal Yang Normal
Jangan cemas bila bayi suka main ludah ya, Bun. Karena di usia 3-4 bulan ini si Kecil memang sedang senang-senangnya main ludah dan menyembur. Makara ini yaitu hal yang normal. Gerakan bayi menyembur yaitu gerakan refleks bayi. Si Kecil hanya ingin bereksperimen dengan pecahan tubuh, yakni pecahan mulut.

Tidak hanya main sembur ludah, kadang si Kecil juga memasukkan jari-jari mungilnya ke ekspresi yang menciptakan lebih banyak air ludah yang keluar. Dan tentu saja menciptakan lembap jari, pipi, ekspresi dan bibir yang menciptakan si Kecil makin bahagia dan akan mengulanginya lagi.

Bunda tidak perlu terlalu khawatir jikalau si Kecil suka sembur-sembur ludah. Beda dengan bila si Kecil mengeluarkan masakan dari mulutnya ketika makan, yang dapat berakibat si si Kecil dapat kurang gizi alasannya menyemburkan makanan.

Tidak Berlangsung Lama
Perilaku bayi suka sembur-sembur ludah akan hilang dengan sendirinya apabila bayi sudah dapat berkomunikasi dengan lingkungannya secara efektif. Biasanya pada usia 5-6 bulan seiring dengan pertambahan usia anak. Jika lebih dari usia 6 bulan pun si Kecil masih dianggap normal, asalkan tidak disertai gangguan perkembangan motorik dan sensoriknya.

Seiring dengan pertambahan usia anak, orientasinya terhadap hal-hal yang menarik perhatiannya tidak lagi terbatas pada tubuhnya sendiri saja tetapi mulai meluas ke lingkungan dan cara berinteraksi dengan lingkungannya.

Hal yang perlu Bunda lakukan dikala si Kecil bermain ludah ini yaitu menjaga kebersihan si Kecil. Usap dengan lembut ludah yang melekat pada wajah dan jari si Kecil atau segera ganti baju atau daerah liur si Kecil bila sudah basah.

Artikel dikutip dari http://mybaby.co.id/read/perawatan-bayi/si-kecil-suka-main-ludah

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Alergi Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kapan Saatnya Bayi Boleh Naik Pesawat?